Minggu, 31 Juli 2022

 

Komponen Desain Grafis


            Komponen desain grafis merupakan unsur pembentuk desain grafis. Dalam membuat sebuah desain grafis, diperlukan komponen-komponen yang menjadi dasar visual dalam memberikan peranan komunikasi secara visual. 
            Komponen desain grafis terdiri atas 7 komponen, yaitu titik, garis, bentuk, ruang, terang-bayang, warna, dan tekstur. Dari 7 komponen tersebut, perancang desain grafis dapat membangun atau membuat sebuah desain yang menjadi sarana komunikasi secara visual.

 

1. Titik/Dot/Verteks

            Titik sebagai salah satu komponen desain grafis yang paling mendasar, baik berdiri sendiri sebagai individual maupun sebagai kelompok. Komponen titik memberikan nuansa komunikasi yang berarti dalam sebuah desain. Potensi titik, antara lain sebagai berikut:

  • Membentuk sebuah makna: titik tunggal bermakna selesai, titik berkelompok bermakna kesatuan atau kebersamaan.
  • Mengekspresikan nilai statis dan emosi: titik tunggal yang berdiri sendiri sebagai kemantapan atau bernilai absolut serta berdiri sebagai penekanan selesai.
  • Dalam desain, bisa berperan sebagai pemberian aksen (sebagai elemen dekoratif, elemen emosi, dan elemen bahasa gambar).

Komponen desain grafis: Titik
Komponen desain grafis: Titik

2. Garis/Line

            Garis adalah sebuah komponen desain grafis yang merupakan perapatan dari sekelompok garis titik yang berurut dan berunut, baik berdiri sebagai elemen utama maupun sebagai dari (aksen) komunikasi. Komponen garis ini memberikan juga nuansa komunikasi yang berarti dalam sebuah desain. Potensi garis, antara lain sebagai berikut:

  • Membentuk garis tepi/kontur sebuah benda.
  • Mengekspresikan gerak dan emosi (garis horizontal: tenang, mati; garis diagonal: labil (tdak stabil); garis zigzag: kehancuran, retak, tedak tenang; dan garis bergelombang: hidup, kelembutan).
  • Dalam desain, bisa berperan sebagai pemberi aksen (sebagai pembatas, kolom, dan dekoratif desain).

Komponen desain grafis: Garis
Komponen desain grafis: Garis


3. Bentuk/Raut/Kurva

            Bentuk/Raut/Kurva adalah sebuah komponen desain grafis yang merupakan bertemunya titik awal garis dengan titik akhir garis. Hasil garis yang bertemu ini membentuk sebuah bidang. 

            Bidang tersebut, baik berdiri sebagai elemen utama maupun bagai dari (aksen) komunikasi, sangat berperan dalam memberikan nuansa komunikasi yang berarti dalam sebuah desain. Potensi bentuk antara lain sebagai berikut:

  • Bentuk yang digunakan untuk menyatakan suatu bangun/shape yang tampak dari suatu benda.
  • Bentuk merupakan rupa keliling sebuah rancangan.
  • Bentuk mempunyai garis luar (outline) atau pembatas di sekitarnya.
  • Bentuk memaksimalkan karakter/kesan yang ingin di capai.

Ada 2 bentuk dasar dalam desain grafis, yaitu:

  • Bentuk Geometris (segitiga, segiempat, segilima, lingkaran, trapezium, dan seterusnya). Bentuk geometris ini, merupakan sebagian dari bentuk dasar yang digunakan sebagai acuan dasar desainer dalam merancang.


Illustrasi bentuk geometris
Ilustrasi bentuk geometris

  • Bentuk Organis, lengkung bebas dan fleksibel.

Ilustrasi bentuk organis
Ilustrasi bentuk organis

4. Ruang/Space/Massa

Ruang adalah sebuah komponen desain grafis yang merupakan kelanjutan dari bentuk yang dikembangkan, dapat membentuk ruang imajiner yang terkait persepsi pengamatnya. Hasil dari pengembangan bidang ruang ini lebih banyak berperan sebagai elemen utama (berdasarkan tingkat kerumitannya), tetapi tidak menutup kemungkinan pula dapat berdiri sendiri sebagai bagian dari komunikasi. Ruang sangat berperan dalam memberikan nuansa 3 dimensi dalam unsur komunikasi visual. Potensi ruang, antara lain sebagai berikut:

  • Ruang menjadi pengembang bidang yang menjadi bidang lain, tetapi tidak hanya sekedar bidang baru. Ruang harus memiliki dimensi sehingga melahirkan berat/massa pada bidang baru yang disebut ruang.
  • Sebuah bentuk 3 dimensi dapat digambarkan pada permukaan papar yang terdiri atas beberapa bentuk 2 dimensi.
  • Selain membentuk nuansa 3 dimensi, ruang juga dapat memperlihatkan penggabungan bentuk dari sisi/cara pandang berbeda (gestalt).


komponen desain grafis: ruang
Komponen desain grafis: ruang

  • Ruang kosong dimanfaatkan agar rancangan tidak terlalu penuh.
  • Ruang kosong dimanfaatkan sebagai pemisah.



5. Terang-Gelap/Gradasi

            Terang-gelap adalah sebuah komponen desain grafis yang merupakan permainan baru dalam bentuk ranah/lingkup arsir. Dari penambahan elemen arsir tersebut (biasanya adalah efek gradasi), bentuk yang dikembangkan akan memiliki nuansa realistik yang diambil dari prinsip jatuhnya unsur gelap-terang pada sebuah benda bila terkena cahaya. Hasil dari komponen terang-bayang ini berperan sebagai ilustrasi utama (berdasarkan nilai realistiknya), tetapi tidak menutup kemungkinan pula dapat berdiri sendiri sebagai dari komunikasi yang kreatif. Potensi terang-bayang, antara lain sebagai berikut:

 

Komponen desain grafis: Terang-gelap
Komponen desain grafis: Terang-gelap

  • Terang-gelap dari arsiran adalah upaya menambah nuansa jatuhnya highlight dan shadow pada sebuah benda.
  • Pendekatan terang-bayang ini menghasilkan nuansa realistis dan/atau fotografik pada sebuah komponen desain.
  • Peranannya bisa kepada ilustrasi yang utama, juga bisa sebagai elemen dekoratif. 


6. Warna/Color

            Warna adalah sensasi yang ditimbulkan oleh otak sebagai akibat sentuhan gelombang-gelombang cahaya pada retina mata. Kira-kira ada 10 juta warna yang berbeda dapat dilihat oleh mata manusia. Warna dapat berupa warna alam maupun buatan. 

            Pada warna alam, warna asli dari bahan yang ditampilkan. Sedangkan warna buatan adalah warna asli yang ditutup dengan lapisan cat atau diubah dengan cara lain. Selain itu ada warna pigmen (dihasilkan dari pencampuran tinta/cat) dan warna cahaya (dihasilkan dari sinar) seperti layar monitor, layar televisi, dan layar handphone.

Komponen desain grafis: Warna
Komponen desain grafis: Warna

            Warna pada dasar keilmuan desain grafis mengacu pada lingkaran pigmen (subtractive), yang membagi warna dasar/primer menjadi merah, kuning, dan biru. Kemudian, masuk ke dalam turunan pertama, sekunder, dan seterusnya. Sementara dalam pekerjaan yang berhubungan dengan layar (animasi, televisi, dan web design) mengacu pada lingkaran warna cahaya (additive).

Warna pigmen (subtractive) dan warna cahaya (additive)
Warna pigmen (subtractive) dan warna cahaya (additive)

 

Potensi warna dalam desain grafis antara lain sebagai berikut:

  • Warna serta nilai gelap dan terangnya dapat dimanfaatkan untuk memberikan kesan berat-ringan benda, volume, kedalaman komposisi, dan sebagainya.
  • Warna menciptakan suasana/mood/sifat/karakter tertentu pada rancangan.

Suasana/sifat/mood warna secara universal
Suasana/sifat/mood warna secara universal

            Desainer grafis harus cerdas dalam menentukan warna yang cocok dalam perancangan. Pemilihan warna dapat ditentukan dari konsep analisis dan strategi yang ditentukan sebelumnya. Jika konsep warna sudah didapatkan dari proses analisis dan strategi, pekerjaan akan lebih mudah dan terarah.

 

7. Tekstur

            Tekstur adalah komponen desain grafis yang merupakan tamplan/karakteristik/gambaran/representasi sifat dari suatu permukaan. Tekstur dapat dibiarkan sebagaimana adanya atau diolah secara khusus menurut kehendak perancangannya. 

            Permukaan dapat polos, bersisik, licin, kasar, pudar, kusam, kilap, lembut, halus, berlendir, terasa gatal, berbulu, dan lain-lain. Tekstur merupakan salah satu unsur seni yang unik, karena ia dapat mengaktifkan 2 proses pengindraan sekaligus (visual dan raba). Tekstur dapat berukuran kecil, menekankan pada keduadimensian permukaan sebagai hiasan, atau berukuran besar yang menekan kan pada kesan raba pada 3D. Potensi tekstur antara lain sebagai berikut:

  • Memperkaya kenikmatan visual.
  • Dipakai dalam memvisualkan objek.
  • Membangkitkan perasaan untuk meraba.
  • Memperjelas kesan adanya ruang.
  • Tekstur dan kesan ruang: tekstur detail/halus (jarak dekat) dan tekstur blur/kurang jelas (jarak jauh).

Jenis permukaan kertas
Jenis permukaan kertas


            Untuk meningkatkan sensasi rabaan lewat tekstur, kita bisa melakukan dengan teknik cetak, misalnya matte (dilapisi dengan bahan kimia sehingga hasil cetakan terasa keset/doff), uv gloss (dilapisi dengan bahan kimia sehingga tampilan lebih mengkilap dan tahan air). 

            Selain dari teknik cetakan, kita juga dapat meningkatkan kekuatan desain dengan material/media cetaknya yaitu kertas. Pada jaman sekarang sudah sangat banyak pabrik dan distributor kertas dengan beragam ketebalan, warna, dan tekstur untuk meningkatkan tampilan fisik desain grafis. Dengan berbagai pilihan tekstur kertas, kita dapat menyesuaikan karakter desain yang ingin dicapai.

 

Video referensi tentang materi komponen desain grafis:



Sumber:

http://fathimubarak.blogspot.com/2020/07/komponen-desain-grafis.html

https://www.istockphoto.com/id/vektor/kumpulan-desain-ikon-bentuk-geometris-gm1177836263-328967862

Tidak ada komentar:

Posting Komentar