Rabu, 19 Juni 2019


Relative clause
Relative clause termasuk salah satu jenis dari Dependent Clause. Itu artinya, ia tidak dapat berdiri sendiri meskipun klausa ini memiliki unsur kalimat berupa subject dan verb. Jadi makna dari Relative Clause adalah dependent clause yang berfungsi sebagai adjective untuk menjelaskan suatu noun dan memberikan penjelasan terhadap noun tersebut secara rinci.
Ø  RELATIVE PRONOUN
Relative Pronoun adalah kata ganti yang berfungsi untuk menghubungkan kalimat, yang menerangkan noun. Kata benda disini bisa berupa manusia, hewan, atau barang. Saat menggunakan relative pronoun, pasti tidak akan lepas dari relative clause. Relative clause terdiri dari relative pronoun yang diikuti dengan kalimat independen lengkap dengan subjek dan kata kerja.
Contoh kalimat : The person who bake a cake for me is my good friend. = The person that bake a cake for me is my good friend.
Ø  RESTRICTIVE
Restrictive clause sebuah klausa yang tidak dapat dihilangkan atau dihapus dari sebuah kalimat, jika klausa tersebut dihilangkan maka makna penting dari kalimat dapat berubah atau menjadi rancu.
Ø  NONRESTRICTIVE
Nonrestrictive clause adalah kebalikan dari restrictive, jika klausa dihilangkan hal itu tidak akan mengubah makna dari kalimat terseebut dikarenakan klausa ini hanya berisi informasi tambahan.
Contoh kalimat : My car, which is very large, uses too much gasoline.

Pada conto kalimat diatas klausa “which is very large” merupakan informasi tambahan dan bila klausa tersebut dihilangkan, hal itu tidak akan merubah seluruh makna kalimat.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar