Rabu, 19 Juni 2019

STYLE IN WRITTEN ENGLISH


Style in Written English

v  QUESTION TAG
Question tag adalah pertanyaan pendek yang ditambahkan di akhir pernyataan (declarative sentence) untuk menanyakan informasi atau meminta persetujuan.
Contoh kalimat question tag :
(negatif) Emilia didn’t come late, did she?
(positif) Emilia came late, didn’t she?
v  SEQUENCE OF TENSE
Suatu aksi-aksi atau kejadian-kejadian yang dideskripsikan di dalam kalimat seringkali perlu menggunakan verb tense yang berbeda karena aksi-aksi tersebut memiliki perbedaan waktu atau urutan. Berikut merupakan aturan dari squence of tense :
Jika main clause menggunakan simple present tense, maka subordinate clause dapat menggunakan:
Ø  simple prensent
Ø  present perfect
Ø  simple past
Ø  simple future
Contoh kalimat : Because the hotel offers a free towel service, you don’t need to bring your towel.
v  SAY/TELL

Say” atau “tell” memiliki arti yang sama. Kedua – dua nya yaitu “say” atau “tell” berarti bahwa berkomunikasi secara kata kata dengan seseorang. Tapi kita sering menggunakan dua kata tersebut dengan pengertian yang berbeda, menggunakan say untuk mengatakan sesuatu kepada seseorang dan menggunakan tell untuk mengatakan atau merujuk sesuatu kepada seseorang lainnya. Kesimpulannya pada pengertian dalam bahasa inggris, yaitu “You say something to someone” – “You tell someone something”

v  ANTECENCENDENTS OF PRONOUNS
Pronoun-Antecedent Agreement adalah persesuaian pronoun dengan antecedent dalam hal:
number [singular (tunggal) atau plural (jamak)]
person [1st person, 2nd person, 3rd person]
gender [female (wanita), male (pria), neutral (netral)]
Singular antecedent menggunakan singular pronoun, sedangkan plural antecedent menggunakan plural pronoun. Begitu pula 1st person-nya menggunakan 1st person pronoun, dan female antecedent pun menggunakan female pronoun. Contoh kalimat :
You should submit the report to your teacher immediately.
To get rich, the man gave his money away to charity.
v  DANGLING CONTRUCTION
Dangling modifier adalah modifier (berupa kata atau phrase) yang ditempatkan pada suatu kalimat namun tidak menerangkan suatu bagian yang muncul setelahnya. Dangling modifier merupakan salah satu dari masalah-masalah placement (penempatan), seperti misplaced dan squinting modifier.

Style in Written English
§  PARTICIPLES AS ADJECTIVE
Participial adjective adalah sebutan lain untuk participle saat digunakan sebagai adjective (verbal). Ini artinya kata sifat yang termasuk kedalam participial adjective pada awalnya atau kata dasarnya bukanlah merupakan sebuah adjective namun berasal dari verb (kata kerja). Contoh Participial Adjective Berakhiran –ing :
Annoying, Amazing, Barking, Burning, Confusing, Crying, Disturbing, Exciting, Frightening, Relaxing, Surprising, Tiring, dan masih banyak yang lainnya.
Contoh kalimat :
The lecturer gave us a very confusing assignment.
That was an amazing talent show.

§  REDUDANCY
Redundancy artinya berlebihan atau pemborosan. Sebuah kalimat dikatakan redundant (berlebihan) bila ada kata atau kelompok kata tambahan yang tidak perlu dalam kalimat dan tanpa kata tersebut pun maksudnya tetap sama.
Contoh kalimat redudancy :
Advance forward (maju ke depan)
Return back (mengembalikan kembali)
Repeat again (mengulangi lagi)
Dan lain – lain
§  PARALLEL CONTRUCTION
Parallel sentence merupakan kalimat yang menunjukkan kesetaraan atau kesamaan. Dalam penggunaannya, parallel structure memakai struktur gramatika yang setara terhadap elemen kalimat dengan fungsi yang sama. Elemen-elemen tersebut mencakup kata (word), frasa (phrase), atau klausa (cluase). Dengan memakai parallel sentence, kalian bisa memperlihatkan bahwa elemen-elemen tadi memiliki kesamaan antar satu dengan yang lainnya.
Contoh kalimat :
-I spent my holiday by reading books, baby-sitting my younger sister, and decorating my room
My fathers likes to go fishing and running
§  TRANSFORMATION OF DIRECT AND INDIRECT OBJECT
Direct object (objek langsung atau objek penderita) dalam sebuah kalimat adalah orang atau benda yang langsung menerima tindakan atau perbuatan dari verba yang dilakukan oleh subjek.
Contoh kalimat :
They have two sons and two daughters.
Indirect object (objek tidak langsung atau objek penyerta) adalah kata atau kelompok kata yang menerima direct object (objek langsung). Atau untuk/kepada siapa direct object itu diberikan.
Contoh kalimat : He bought his nephew a new bicycle.
§  ADVERBIAL OF THE BEGINNING OIF SENTENCE
Adverbial clause adalah dependent clause yang berfungsi sebagai adverb (kata keterangan) dan memberikan informasi tentang verb (kata kerja), adjective (kata sifat), atau adverb yang berada pada independent clause dengan kapasitasnya menjawab pertanyaan seperti: how (bagaimana), when (kapan), where (di mana), dan why (mengapa). Adverbial clause dimulai dengan suatu kata yang disebut subordinate conjunction (seperti: when, after, because, dan though) yang menghubungkannya dengan independent clause. Gabungan adverbial clause dan independent clause disebut complex sentence.
Contoh kalimat :
You were sleeping when she arrived.
Her face looks fresh because she always eats well, sleeps enough, and exercises.
He drove fast in order that he could arrive on time.

PROBLEM VOCABULARY AND PREPOSITION
·         COMMONLY MISSUSED WORDS
Biasanya kesalahan tersebut dikarenakan dalam pengartian kata-kata, sebagai contoh :
Angel : malaikat
Angle : Sudut
kalimat diatas merupakan contoh masalah pada kata-kata, 2 kata tersebut mempunyai pengejaan yang sama namun mempunyai arti yang berbeda.
·         CONFUSINGLY RELATED WORDS
Contoh dari confusingly related words adalah :
Save dan Safe
2 kata tersebut mempunyai perbedaan pada maknanya untuk contoh kalimat nya :
Save your money in the bank (simpan uang mu dibank) kata “save” tersebut lebih mejurus kepada kata kerja.
I feel save with you (aku merasa aman dengan mu) kata “safe” pada kalimat tersebut lebih menjurus kepada kata sifat.
·         USE OF PREPOSITIONS
Use of preposition atau bisa diartikan penggunaan kata hubung antara pronoun dan noun
Sebagai contoh kalimatnya :
A swim before breakfast is better than one after dinner. (adjective)
Before breakfast is a good time to swim. (Noun)
·         VERBAL INDIOMS

Pada dasarnya yang di maksud dengan idiom adalah suatu susunan kata yang tidak bisa di artikan berdasarkan kata per kata, namun susunan kata yang di artikan berdasarkan makna secara keseluruhan yang telah menjadi kebiasaan dalam berkomunikasi. Sebagai contoh, idiom “after all”, jika di artikan kata per kata maka after all memiliki arti “setelah semuanya”, namun maksud sesungguhnya dari after all adalah “bagaimanapun juga”. Contoh lainnya, idiom “all the same”, jika di artikan terpisah maka all yang berarti semua”, dan the same yang berarti “sama” atau “kesamaan”, jika di gabung kurang lebih artinya “semua sama” atau “sama semua”, namun bukan itu yang di maksud dengan all the same, maksud sebenarnya dari all the same adalah “namun”.
·         COMMON COMBINATION AND PREPOSITION
Adjective (kata sifat) digunakan untuk mendeskripsikan seseorang atau sesuatu.
penggunaan yang lebih kompleks dengan mengombinasikannya dengan preposition (kata depan) yang berfungsi menghubungkannya dengan suatu objek.
Kombinasi adjective dan preposition di dalam kalimat digunakan untuk membuat kalimat baru tetapi tidak mengubah arti dari kata kerja seperti halnya dengan kata kerja dua kata.
Tidak semua adjective memiliki “pasangan” preposition dan ada sebagi an adjective yang dapat menggunakan beberapa preposition.
Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar