Rabu, 19 Juni 2019

VERB AS COMPLEMENT


VERB AS COMPLEMENT
Adalah suatu verb menjadi complement dalam sebuah kalimat, yang bisa berbentuk verb+ing atau to+verb. Penentuan bentuk ini tergantung oleh verb yang menjadi predicate dalam kalimat tersebut.
Ø  Verb + Gerunds
Gerund adalah kata benda yang dibentuk dari kata kerja (verb) + ing. Gerund sebagai pelengkap tidak dapat dijadikan subject dalam kalimat pasif (passive voice). Gerund terletak setelah to be: is/am/are, was/were, been/being/be. Contoh : My hobby is reading.
Ø  Verb + to Infinitive
Infinitives adalah bentuk dasar dari verbs. Dalam bahasa inggris, penulisan infinitives biasanya diawali dengan “to”. Misalnya: to read, to walk, to give, dan seterusnya. Meskipun pada umumnya infinitive diawali dengan “to”, akan tetapi ada beberapa infinitive tanpa “to”, biasanya disebut dengan “bare infinitive”. Contoh : The doctor advised him to stop smoking.
Ø  Verb + Preposition + Gerund
Ada dua kemungkinan jika Gerund digunakan sebagai Object, yakni Object of Preposition dan Object of Verb. Beberapa preposisi lazim yang sering diikuti oleh Gerund adalah: about, in, for, of, without, from, by, dan to. Untuk preposisi “to”, boleh diikuti Gerund jika fungsinya memang sebagai presposisi, bukan bentuk dari infinitive. Contoh : I look forward to going home next year.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar